Uncategorized

Apakah Teknologi Informasi

Kita sering mendengar dan melihat istilah teknologi informasi di media cetak dan media elektronik seperti radio televise, koran, majalah atau sejenisnya. Bahkan saat ini kita sering menemukannya di media sosial yang belakangan ini tengah mengalami perkembangan yang pesat.

Namun, apakah kita mengetahui arti sebenrnya dari istilah yang sering kita kihat dan kit abaca tersebut ? jawabannya adalah bahwa tidak semua orang bisa mengetahuid dan mengerti tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi informasi tersebut. Istilah ini biasanya disandingkan dengan istilah lainnya yang masih berhubungan dengan teknologi informasi.

Istilah tersebut tiada lain adalah teknologi komunikasi. Padahal, pada kenyataannya kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang cukup jelas dan nyata. Teknologi Informasi merupakan teknologi yang mampu membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi.

Teknologi informasi adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh informasi secara aman.

Ada beberapa pengertian teknologi informasi yang dicetuskan oleh beberapa orang yang hali dalam bidang informasi ini. Adapun pengertian – pengertian tersebut adalah sebagai berikut :

  • Haag dan Keen (1996): Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  • Oxford English Dictonary (OED): Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha.
  • Williams dan Sawyer (2003): Menurut williams dan sawyer, bahwa pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
  • Martin (1999): Menurut martin bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencaku teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.