Teknologi

Manfaat Teknologi Informasi Dalam Berbagai Bidang

Teknologi informasi merupakan teknologi yang mampu membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. Teknologi ini sangat berkaitan erat dengan masalah teknologi computer, karena computer merupakan sebuah perangkat yang memiliki kemampuan sangat handal dalam menampilkan serta menyampaikan berbagai informasi dari berbagai hal atau kejadian yang berlaku di dunia ini. Komputer akan bisa menjadi media informasi jika perangkat ini terhubung dengan sebuah layanan jaringan internet.

Dengan jaringan internet sebuah computer bisa menjadi sebuah media yang bisa memfasilitasi terjadinya pertukaran informasi antar manusia atau lembaga di dunia ini. Karena begitu sangat eratnya hubungan antara informasi dengan computer, maka teknologi informasi ini terkadang kita sebut juga dengan teknologi computer.

Meskipun saat ini beredar jenis gadget lainnya yang memiliki kemampuan hampir sama dengan computer, namun dari segi ruang lingkup, jelas computer lebih besar dan lebih luas ruang lingkupnya. Artinya bahwa kemampuan computer jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan gadget lainnya.

Teknologi informasi memiliki beberapa manfaat dalam berbagai bidang kehidupan manusia dewasa ini. Adapun manfaat – manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Bidang Sains. Pada bidang ini, teknologi informasi dapat digunakan untuk meramalkan cuaca
  2. Bidang Teknik. manfaat aplikasi pada bidang ini yaitu dapat menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menggambar, merancang pola bagi arsitek dll.
  3. Bidang Ekonomi. pemanfaatan teknologi informasi bagi para pelaku ekonomi yaitu melaui e-Commerce, dengan e-Commerce pemilik usaha dapat mempublish usahanya melalui internet
  4. Bidang Bisnis. Teleconference merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis. Dengan aplikasi tersebut pebisnis dapat terus memantau kegiatan bisnis atau berkomunikasi dengan rekan bisnismeskipun tidak berada di tempat dan bertatap muka.
  5. Bidang Administrasi Umum. Dengan kemajuan teknologi, kegiatan yang tadi nya dikerjakan secara manual sudah bisa dikerjakan dengan komputer yang tentunya lebih bisa menghemat waktu dan biaya serta kegiatannya lebih efektif.
  6. Bidang Perbankan. Transaksi Bank yang sangat banyak sangat terbantu oleh aplikasi teknologi dalam perbankan
  7. Bidang Pendidikan. Dengan teknologi informasi dunia pendidikan bisa lebih efektif dan memudahkan para pelajar mendapatkan tambahan atu mengembangkan materi yang dipelajarinya.

Masih banyak lagi manfaat – manfaat teknologi informasi dalam bidang – bidang selain tersebut di atas, misalnya saja teknologi ini bermanfaat dalam bidang pemerintahan, kesehatan, industry, transportasi, pertahanan dan permainan.