makanan sehat
Uncategorized

Tips Cermat Memilih Makanan Sehat

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, makanan sehat semakin jarang ditemui. Hal ini disebabkan banyaknya makanan cepat saji yang beredar dengan alasan untuk mempermudah kita dalam mendapatkan makanan. Memang makanan instan ini begitu prkatis dibuat sehingga tida membutuhkan waktu lama untuk menyajikannya. Namun jika dikonsumsi terlalu sering juga tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. berikut ada beberapa tips memilih makanan yang sehat, mengingat makanan merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh kita, berikut diantaranya:

  1. Konsumsi makanan bernutrisi
    Tubuh memang membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan bugar. Untuk memperoleh itu semua tubuh kita membutuhkan kurang lebih 40 nutrisi dalam sehari. Selain nasi dan lauk pauk, kita juga membutuhkan  nutrisi dari makanan lain yang kita konsumsi. Bahkan jika dirasa kurang cukup anda bisa mengkonsumsi vitamin atau suplemen kesehatan.
  2. Sayuran hijau
    Sayuran hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh. semua jenis zat dan nutrisi terkandung dalam sayuran hijau. Maka jika anda ingin tubuh yang sehat, jangan pernah menghindari makanan atau sayuran hijau ini. Sayuran hijau yang sering kita temui adalah bayam, kangkung, selada, sawi dan masih banyak lagi. Selain menyehatkan semua jenis sayuran tersebut sanga enak diolah menjadi makanan pendamping nasi.
  3. Pilih protein hewani
    Selain sayuran hijau, kita juga dianjurkan untuk memilih  makanan yang mengandung protein hewani. Hal ini bisa kita temui pada daging, ikan dan lain sebagainya. jika dikonsumsi dalam takaran yang normal, makanan yang mengandung protein hewani sangat baik bagi tubuh.
  4. Gunakan makanan yang masih segar
    Jika anda pergi kepasar, pastikan untuk memilih sayur dan makanan lain yang masih dalam kondisi segar. selain enak dimakan, makanan yang masih segar memiliki kandungan gizi yang masih bagus. Jika anda memilih makanan yang sudah tidak segar, besar kemungkinan adanya bakteri pada makanan tersebut sehingga berpengaruh pada kesehatan tubuh kita.

Itulah beberapa tips memilih makanan sehat. Hal ini snagat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita juga seluruh anggota keluarga kita.