anak susah bab
kesehatan

Alasan Anak Susah BAB

Anda perlu tahu penyebab anak susah BAB terutama kalau dia masih bayi. Lantas apa yang menyebabkan susah bab pada bayi? Itu bisa terjadi karena beberapa faktor, dari makanan yang mereka makan dan alasan lainnya. Sebagai orang tua tentu khawatir akan kondisi ini sebab, Anda yang merawatnya setiap hari pastilah tidak ingin terjadi sesuatu hal yang mengganggu tumbuh kembangnya.

Perubahan pola makan adalah penyebab yang mungkin, entah itu karena beralih dari ASI ke susu formula. Atau  dari susu bayi ke makanan. Pengenalan protein susu sapi dan alergi atau intoleransi terhadapnya mungkin merupakan penyebab utama anak susah bab. Ketika bayi memiliki intoleransi protein sapi, sistem kekebalan tubuhnya menganggap bahwa protein susu sebagai sesuatu yang buruk dan harus melawan (seperti halnya dengan bakteri atau virus berbahaya).

anak susah bab
anak susah bab

Reaksi negatif terhadap protein inilah yang menyebabkan anak susah bab dengan gangguan perut dan masalah usus lainnya. Mungkin banyak bayi atau anak yang mengalami intoleran susu sapi, tapi perut dan ususnya akan bisa menyesuaikan. Biasanya akan kembali normal pada anak usia 3 tahun. Sangat penting pengetahuan tentang intoleran protein pada bayi. Jika Anda ingin aman, bisa mencoba Dancow Excelnutri yang dikenal ramah bagi pencernaan si kecil. tapi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Saat bayi tidak enak badan, mungkin dia tidak makan atau minum seperti biasanya, yang bisa menyebabkan sistem tubuhnya berkurang fungsinya dan itu juga dapat memicu susah bab. Selain itu, obat-obatan tertentu Suplemen zat besi dosis tinggi atau obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan anak susah baba. Jika anak mengalami gangguan kesehatan setelah mengkonsumsi obat-obatan, langsung saja bawa ke dokter anak Anda.

Prematuritas Bayi juga bisa menjadi penyebab konstipasi bayi. Karena sistem pencernaan mereka belum berkembang sepenuhnya, makanan bergerak lebih lambat melalui usus dan tidak diproses dengan benar, yang menyebabkan kotoran kering dan keras.

Ketika bayi Anda terlahir prematur, konsultasikan pada dokter tentang asupan dan pengobatan yang tepat. Riwayat keluarga Beberapa masalah seperti penyakit Hirschsprung, cystic fibrosis, konstipasi kronis dan penyakit lainnya juga bisa memicu anak susah bab.