Resep Kuliner
bisnis

Cara Membuat Resep Kuliner Nasi Kuning

Nasi kuning adalah salah satu masakan atau resep kuliner khas nusantara yang memiliki banyak peminat. Menu makanan yang satu ini cocok sekali untuk acara – acara formal maupun untuk makanan seperti sarapan atau makan siang.

Pada dasarnya, pembuatan nasi kuning ini mudah sekali dan berbagai bahan yang digunakannya pun sangat mudah sekali didapatkan. Tertarik untuk membuat resep makanan khas nusantara ini? Simak berikut beberapa metode cara pembuatan dan juga bahan – bahan apa saja yang diperlukannya.

1. Bahan yang Dibutuhkan

Siapkanlah terlebih dahulu beberapa bahan – bahan yang wajib diperlukan untuk pembuatan menu resep kuliner yang satu ini. Beberapa bahan tersebut diantaranya seperti beras ½ kg (cuci), lengkuas 2 cm saja, kaldu ayam 350 ml, daun salam 2 lembar, serai 1 batang yang telah dimemarkan, air kunyit 2 sdm, santan kental kira kira 500 ml, daun pandan , garam secukupnya dan air 1 liter untuk mengukus. Nasi kuning biasanya dilengkapi juga dengan lauk pauk seperti ayam bakar/goreng, tempe goreng, tahu goreng atau beberapa lauk pauk lainnya sesuai dengan selera.

2. Cara Membuatnya

Cara membuat menu yang satu ini sangat mudah. Pertama – tama rebuslah semua rempah-rempah yang telah Anda sediakan lalu masukan ke dalam santan dan kaldu, masukan juga beras kemudian aduk sampai rata agar beras di bagian bawah tidak lengket pada panci, sesudah santan kering, kemudian angkat beras pada saat masih setengah matang lalu panaskan panci kukus di atas api sedang sampai 30 menit. Setelah matang, kemudian angkat lalu hidangkan nasi kuning dengan lauk pauk yang telah anda siapkan tadi.

Itulah bahan – bahan dan juga cara pembuatan resep nasi kuning yang sangat mudah sekali. Kaldu ayam yang digunakannya semakin meningkatkan kelezatan dari masakan khas nusantara ini sehingga dapat dikatakan bahwa ini adalah menu spesial dari nasi kuning yang mampu membangkitkan selera makan keluarga tercinta. Cocok dihidangkan untuk makanan keluarga atau acara – acara tertentu.